Fasilitator 2

(Oleh-oleh Training for Facilitators Ibu Profesional)

Materi selanjutnya adalah :

4.   Komunikasi 2C  “clear-clarify”
Komunikasi “clear” berarti jelas. Apa yang diucapkan fasilitator harus jelas, tidak tumpang tindih dan berputar-putar, sehingga lawan bicara bisa memahami maksud pembicaraan fasilitator. Komunikasi “clarify” berarti dapat dipertanggungjawabkan. Fasilitator menyampaikan pesan yang dapat dipertanggungjawabkan dan jelas sumbernya.

5.  Mind mapping
Mind Mapping atau Peta Pikiran adalah sebuah cara mencatat dengan memanfaatkan bagaimana otak bekerja. Teknik mind mapping ini mencatat menggunakan kata kunci dan gambar.  Perpaduan dua hal ini akan membentuk sebuah asosiasi/ tautan di kepala. Ketika melihat gambar tersebut maka akan terjelaskan ribuan kata yang diwakili oleh kata kunci tersebut. Fasilitator membutuhkan teknik mind mapping  untuk mendukung cara berpikir yang teratur.


6. Talents mapping
Talents mapping ini merupakan sebuah cara untuk menemukan potensi bakat dan kekuatan seseorang. Hasil talents mapping ini berguna untuk mengenali potensi diri yang menjadi keunikan masing-masing. Fasilitator akan sangat terbantu dengan talents mapping, karena hasilnya menjabarkan kekuatan yang bisa menjadi sarana pendukung bagi aktivitas fasilitator.




#ODOPfor99days
#day16

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas