Mencuci dengan lerak

Sejak beberapa bulan terakhir ini, kami menggunakan lerak untuk mencuci perabotan rumah tangga dan pakaian. Lerak atau rerek adalah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai deterjen tradisional. Batik biasanya dianjurkan untuk dicuci dengan lerak karena dianggap sebagai bahan pencuci paling sesuai untuk menjaga kualitasnya (warna batik).  Kain atau baju selain batik pun ternyata bagus dicuci dengan lerak. Biji lerak ini mengandung saponin, yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci, dan dapat pula dimanfaatkan sebagai pembersih berbagai peralatan dapur serta lantai.  Mencuci dengan lerak ini bisa langsung dari bijinya atau dibuat cairan terlebih dahulu.

Berikut cara mencuci dengan lerak :

1.   Mencuci menggunakan lerak cair
Ambil lerak cair, campur dengan air bersih secukupnya. Takaran untuk campuran air dan lerak cair ini berbeda-beda untuk masing-masing pencucian, tergantung banyak sedikitnya barang yang akan dibersihkan. Campuran air dan lerak cair bisa digunakan untuk mencuci perabotan rumah tangga, pakaian, pel lantai dan membersihkan kaca.

Cara untuk membuat lerak cairnya adalah dengan memotong kecil-kecil daging buah lerak kira-kira lima belas sampai dua puluh biji. Kemudian campur dengan air bersih satu setengah liter. Rebus dan tunggu hingga campuran air lerak mencapai kira-kira satu liter. Matikan kompor, dinginkan lerak cair. Jika sudah dingin, lerak cair dapat disimpan di beberapa botol untuk memudahkan pemakaian.

2.  Mencuci menggunakan buah lerak
Ambil beberapa buah lerak, potong dan ambil bijinya. Daging buah lerak potong-potong, campurkan dengan air bersih secukupnya. Remas daging buah lerak didalam campuran air, supaya cairan yang mirip sabun cair bisa tercampur rata dengan air bersih. Campuran buah lerak dan air bersih ini ukurannya disesuaikan juga dengan barang yang akan dicuci.

Awal mencuci menggunakan lerak ini agak panik, karena tidak banyak busa yang dihasilkannya. Namun, setelah melihat hasilnya yang bersih dan kesat, menjadi penyemangat tersendiri.  Mencuci dengan lerak ini menjadi salah satu perwujudan ramah lingkungan, karena tidak mencemari alam.


#ODOPfor99days
#day5





Komentar

  1. Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA International Freight Forwarding, melayani pengirimam dengan pembelian EX WORKS, FOB, C&F, CIF, dari seluruh Negara dan service yang kami tawarkan sebagai berikut :

    Ø Sea and Air Cargo Service
    Ø Customs Clearance Service
    Ø International Courier Services
    Ø Domestic Services
    Ø Import Borongan Mesin Bekas
    Ø Undername Import KUOTA SPI Biji Plastik
    Ø Undername Import KUOTA SPI Besi & Baja
    Ø Borongan ( All-In )
    Ø Undername (Penyewaan Consegnee)

    Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan Kepada Perusahan yang Bpak/Ibu Pinpin Semoga terjalin kerjasama dengan Baik Untuk yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA
    Gedung Pembina Graha Lt. 02 Room. 221
    Jl.D.I Penjaitan No.45 Rawa Bunga Jakarta 13350

    Contact :
    Tlp : +62 21 – 8591 7799
    Fax : +62 21 – 2232 6705
    Web : www.importundername.com
    Web : www.msalogistics.co.id
    Web : www.undernameimport.com
    Web : www.profesionalcustoms.com
    BP. ZAIN
    Hp.Wa 08124888854
    Hp.Wa 08122223856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas