Pompa yang paling sempurna


Apakah pompa yang paling sempurna?

Sebuah ciptaan Allah SWT yang Maha Dahsyat, yaitu jantung. Jantung adalah sebuah pompa yang terbuat dari daging, kira-kira sama besarnya dengan kepalan tangan. Namun, kerja jantung sungguh luar biasa, berdenyut sekitar 70 kali setiap menit dan memompa 59 sentimeter kubik (3,6 inci kubik) darah di setiap denyutnya.

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita, karenanya jantung ditempatkan di dalam tulang rusuk supaya terlindung dari benturan luar. Jantung terbagi atas dua bagian, masing-masing memiliki pompa. Pompa kiri lebih kuat, menggerakkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, disebut juga dengan peredaran darah panjang. Sedangkan pompa kanan lebih lemah dan memompa darah kaya oksigen ke paru-paru atau disebut dengan peredaran darah pendek.

Sungguh penciptaan luar biasa jantung ini. Belajar dari satu organ tubuh ini saja, memunculkan rasa syukur yang melimpah bagi manusia. Jantung yang sehat merupakan karunia yang tak terhingga. Bisa dibayangkan, jika jantung sudah mulai mengalami kerusakan. Berbagai upaya dilakukan untuk mengembalikan fungsi jantung sebagaimana mestinya.





Sumber :




#ODOPfor99days
#day36




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas