Sariawan

Bagaimana rasanya jika terserang sariawan? Perih tak terkira dan nafsu makan pun menurun. Penyakit yang terlihat sepele, hanya sebuah bintik kecil putih di sekitar bagian dalam mulut, namun dampaknya sungguh luar biasa untuk penderitanya. Jika tidak bisa mengendalikan diri, rasanya akan tertekan sekali mengalami sakit sariawan ini.

Begitu pun saya, merasakan perihnya sariawan membuat kacau semua aktivitas yang akan dilakukan. Serasa tidak ada semangat lagi untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Padahal, agenda pekerjaan sudah ditata rapi dan mengundang saya untuk segera menyapanya. Jika pekerjaan tidak segera diselesaikan maka akan menumpuk di kemudian hari.

Akhirnya, beranjaklah saya keluar dari kemalasan karena sariawan. Menguatkan diri dengan terus menumbuhkan semangat untuk bergerak. Memunculkan berbagai rekaman-rekaman yang bakal terjadi jika saya tetap berdiam diri.

Diawali dengan membuka hati dan rasa untuk menerima sariawan yang menjangkiti ini. Menerima rasa perihnya jika terkena makanan yang masuk ke dalam mulut. Menikmati betapa terganggunya mulut ini saat bicara dengan hadirnya sariawan. Kemudian tergerak untuk mencari bahan penawar rasa perihnya dengan bahan-bahan alami yang tersedia.

Sedikit mengganti pandangan di kepala saya untuk tetap positif menerima segala keadaan ini,  cukup membantu semangat saya kembali pulih. Awalnya saya terlalu dalam merasakan perih dan tidak enaknya sariawan sehingga membuat semangat saya turun bahkan emosi pun cepat berkobar hanya dengan sedikit percikan saja. Namun, ketika saya kemudian mengubah pandangan untuk tetap positif dengan hadirnya sariawan di dalam mulut, dan menikmati rasa perihnya, maka semangat beraktivitas sedikit demi sedikit mulai terbangun lagi. Semakin membuka hati dan pikiran untuk menerima rasa sakit, semakin penuh pula semangat ini berkumpul. Kemudian saya pun bisa melakukan berbagai aktivitas yang sudah direncanakan dengan lancar.



Sedikit pengingat untuk diri sendiri, cara mencegah sariawan muncul di dalam mulut :
1.  Rutin mengkonsumsi buah-buahan
2.  Mengurangi makanan yang memicu sariawan (rasa pedas dan tekstur keras yang berlebihan)
3. Selalu menikmati aktivitas hidup
4.  Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut


#ODOPfor99days
#day25


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas