Tidur

Tidur adalah bagian yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Aktivitas yang dilakukan organ-organ tubuh saat manusia tidur, sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidupnya. Ketika tidur, tubuh akan mengalami pemulihan kondisi. Tubuh yang seharian beraktivitas, pada saat tidur mengumpulkan energi kembali,  dan akan digunakan lagi saat tubuh sudah terjaga. Ibarat laptop, ketika baterainya habis maka perlu untuk di charge. Begitupun dengan tubuh, perlu di pulihkan kondisinya setelah digunakan untuk berbagai macam aktivitas.

Pemulihan kondisi tubuh dengan tidur ini pun terkait dengan lamanya waktu tidur. Tidur dengan waktu yang panjang dalam kesehariannya ternyata memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Begitu juga dengan tidur sehari-hari yang kurang atau jangka waktunya pendek, juga berpengaruh buruk pada tubuh manusia. Jadi, jangka waktu tidur yang dibutuhkan manusia itu tidak terlalu lama dan tidak terlalu pendek, disesuaikan dengan kebutuhan dan mencukupi bagi pemulihan kondisi tubuhnya.




Jika belajar dari Rasulullah SAW, maka contoh tidur yang berkualitas itu adalah di awal malam dan bangun di awal sepertiga malam terakhir. Oleh karena itu, pengaturan waktu tidur yang baik adalah sesuai dengan kadar yang dibutuhkan dan dilakukan secara optimal. Rasulullah SAW pun menganjurkan untuk mematikan lampu saat tidur dan ini terbukti dalam mekanisme fisiologis manusia. Saat kondisi gelap, hormon akan bekerja dan mempengaruhi rasa kantuk, sehingga semakin malam orang akan merasa semakin mengantuk. Rasa kantuk ini menjadi sinyal positif bagi tubuh untuk beristirahat.


Sumber :






#ODOPfor99days
#day34




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlukah Anak Berlatih Mengelola Keuangan?

Berkunjung ke Kantor Lurah Pejaten Timur

Merica dan Ketumbar

Kreasi botol bekas